Tentang Perbedaan Fakta dan Opini

Apa bedanya fakta dan Opini? Untuk mengetahui Perbedaan Fakta dan Opini, tentu sebelumnya kita perlu mengetahui dulu mengenai pengertian. Pengertian Fakta dan Pengertian Opini. Pada dasarnya, fakta dan opini memiliki pengertian yang saling berbeda satu sama lain. Lalu apa pengertian fakta dan pengertian Opini?

Fakta adalah suatu peristiwa atau keadaan yang memang benar-benar terjadi dan bukan mitos serta pernah dilihat oleh manusia itu sendiri atau telah dilakukan suatu pengujian dan pemastian di khalayak umum dan disertai bukti. Fakta dapat disebut juga sebagai hasil dari pengamatan secara objektif yang dapat di verifikasi kebenarannya oleh siapapun. Sebuah informasi atau berita yang didengar juga bisa disebut fakta jika hal tersebut memang merupakan suatu peristiwa yang benar-benar terjadi.

Opini adalah suatu ide, pikiran, atau pendapat yang biasanya bersifat tidak objektif(subyektif) serta belum di sahkan kebenarannya. Opini lebih cenderung relatif terhadap sudut pandang tertentu. Seperti suatu prediksi dimana belum terdapat orang yang dapat memastikan bahwa hal tersebut benar benar ada atau terjadi. Walaupun opini bukan merupakan fakta, tetapi jika bisa dibuktikan kebenarannya maka opini akan bisa disebut sebagai fakta.
Secara tidak langsung kita sudah mendapatkan apa perbedaan fakta dan Opini. Kebanyakan orang sulit membedakan antara fakta dan opini. Pemahaman yang benar tentang perbedaan keduanya terletak pada ada tidaknya hal-hal yang bisa dibuktikan kebenarannya atau menunggu benar-benar terjadi.

Perbedaan Fakta dan Opini


Perbedaan Fakta dan Opini


Meski memiliki perbedaan, tetapi Fakta dan opini cenderung memiliki suatu kesamaan. Untuk mengetahui perbedaan opini dan fakta, selain dari pengertian atau arti dari katanya, kita bisa lihat pula dari cirinya:

Ciri-ciri fakta :
  •     Sudah teruji kebenarannya di depan khalayak umum serta bersifat objektif dan benar terjadi.
  •     Memiliki data yang akurat atau bukti sebagai pendukung kebenarannya.
  •     Pernah dilihat oleh manusia serta telah dilakukan pengujian dan pemastian di khalayak umum.


Ciri-ciri opini :
  •     Belum teruji kebenarannya dan masih bersifat subyektif.
  •     Tidak memiliki data pendukung atau bukti yang akurat.
  •     Merupakan suatu peristiwa yang belum terjadi, karena merupakan suatu pendapat.

Fakta memiliki data yang harus teruji keakuratannya dan bersifat objektif, sehingga tidak bisa mengandalkan imajinasi. Dalam kalimat opini biasanya terdapat kata-kata yang memungkinkan sesuatu terjadi dan melibatkan pemikiran imajinasi, seperti : sepertinya, seharusnya, menurut saya, pendapatku, dan lain sebagainya, karena kata-kata tersebut menunjukkan bahwa kalimatnya masih dalam perencanaan atau pendapat dan belum terbukti kebenarannya.

Fakta merupakan sesuatu yang tidak diragukan lagi kebenarannya. Sedangkan opini masih perlu diuji kebenarannya. Sedangkan Opini belum terjadi atau masih merupakan sebuah rencana, hanya berupa pendapat dan bersifat subjektif, dan keterangannya juga masih belum terlihat jelas. Fakta adalah sesuatu yang benar-benar ada dan benar-benar terjadi, sedangkan opini atau pendapat adalah buah pemikiran (perkiraan) seseorang tentang sesuatu.

Lihat Juga  Perbedaan Karya Tulis Ilmiah dengan Karangan Ilmiah

Itulah pengertian fakta dan pengertian opini serta perbedaan opini dengan fakta beserta contoh kalimatnya.

0 Response to "Tentang Perbedaan Fakta dan Opini"

Poskan Komentar