Macam-macam Morfologis

Macam-Macam Morfologis - Pembentukan kata seringkali akan terjadi pada bahasa demi kebutuhan gramatikal. Kata dapat dibentuk untuk memenuhi fungsi derivasional maupun infleksional. Untuk mengenal Jenis-jenis Kata bisa anda buka.

Pembentukan kata dapat terjadi dalam beberapa proses yang biasanya dinamakan Proses Morfologis. Proses Morfologis ialah cara pembentukan kata-kata dengan menghubungkan morfem yang satu dengan yang lain. Atau, proses yang dialami bentuk-bentuk lingual dalam menyusun kata-kata . Lebih jelas, proses morfologis ialah proses pembentukan kata-kata dari satuan lain yang merupakan bentuk dasarnya .

Macam-Macam Proses Morfologis


Proses Morfologi ada lima macam, yakni:

(1) afiksasi
(2) reduplikasi
(3) perubahan intern
(4) suplisi
(5) modifikasi kosong

Sedangkan Verhaar (1984:64) dan Ramlan (1983:46) menambahkan satu lagi yaitu komposisi atau pemajemukan.

Keenam proses morfologis tersebut terjadi pada bahasa-bahasa yang ada di dunia:

1) Afiksasi
Afiksasi atau proses pembubuhan imbuhan ialah pembentukan kata dengan cara melekatkan afiks pada bentuk dasar. Hasil afiksasi disebut kata berafiks atau kata berimbuhan.
Contohnya:
ber- pada berkembang, -el- pada telunjuk, -an pada lemparan, dan per-an pada perjanjian.

2) Reduplikasi
Reduplikasi ialah proses pembentukan kata dengan cara suatu bentuk dasar. Proses morfologis semacam ini merupakan salah satu cara pembentukan kata yang paling banyak pada bahasa-bahasa di dunia. Sebagai contoh: buku menjadi buku-buku, bali menjadi bola-bali (bahasa Jawa), adanuk menjadi adadanuk ‘panjang’ (bahasa Agta).

3) Perubahan Intern
Perubahan intern ialah pembentukan kata dengan cara mengubah struktur fonem dasar sehingga menghasilkan bentuk baru.

4) Suplisi
Suplisi merupakan salah satu proses morfologis yang menyebabkan adanya bentuk yang sama sekali baru. Bentuk dasar dan bentuk turunannya tidak terdapat persamaan sedikitpun.

5) Modifikasi Kosong
Komposisi atau pemajemukan adalah proses pembentukan kata dengan cara menggabungkan dua buah bentuk atau satuan dasar(bentuk asal) atau lebih.

Sebagai contoh perhatikanlah bentuk-bentuk berikut.
  • flower + sun >> sunflower
  • mata + sapi >> mata sapi (telur)

Masalah komposisi ini akan lebih terinci dipaparkan pada komposisi dalam bahasa Indonesia.

MACAM-MACAM MORFOLOGIS



Setelah macam-macam proses morfologis dipaparkan secara sekilas, berikut ini akan dipaparkan secara sekilas, berikut ini akan dipaparkan proses morfologis yang ada dalam bahasa Indonesia secara terinci.

Baca Juga Unsur-Unsur Paragraf


Demikian mengenai Macam-macam Morfologis, semoga bermanfaat. Jangan lupa meninggalkan komentar jika ada pertanyaan, saran atau masukan. Salam Nektarity.


Sumber Referensi:
    Samsuri, 1982:190
    Ahmadslamet, 1982:58
    Ramlan, 1983:44
    Ramlan (1983:46

0 Response to "Macam-macam Morfologis"

Poskan Komentar