Ciri Pemikiran Filsafat

Berfilsafat adalah berfikir. Ini tidak berarti berfikir adalah filsafat. Kalau yang dikatakan berfilsafat adalah berfikir, hal ini dimaksudkan bahwa berfilsafat termasuk kegiatan berfikir.

Setelah sebelumnya sudah dipaparkan mengenai Dasar Ilmu Filsafat, kali ini kita akan mengupas mengenai ciri pemikiran filsafat.

Ciri Pemikiran Filsafat

 Ciri-ciri Pemikiran Filsafat


Ada beberapa ciri berfikir secara kefilsafatan, yaitu :

Radikal : berfikir secara radikal adalah berfikir sampai ke akar-akarnya. Berfikir sampai ke hakikat, esensi, atau sampai ke substansi yang dipikirkan.

Universal atau umum : berfikir secara universal adalah berfikir tentang hal-hal serta proses-proses yang bersifat umum.

Konseptual : berfikir secara konseptual adalah berfikir dengan generalisasi dan abstraksi dari pengalam tentang hal-hal serta proses-proses individual.

Koheren dan konsisten : Berfikir secara koheren dan konsisten adalah berfikir sesuai denagn kaidah-kaidah berfikir (logis) dan tidak mengandung kontradiksi.

Sistematik : Berfikir secara sistematik adalah berfikir secara teratur dan saling berhubungan dan terkandung adanya maksud atau tujuan tertentu

Komprehensif : Berfikir secara komprehensif adalah berfikir dengan berusaha untuk menjelaskan alam semesta secara keseluruhan.

Bebas : Berfikir secara bebas adalah berfikir dengan mengembangkan pikiran secara insaf semata-mata menurut kaidah fikiran itu sendiri.

Pemikiran yang bertanggung jawab : Berfikir secara pemikiran yang bertanggung jawab adalah berfikir dengan bertanggung jawab terhadap hati nurani dengan menggunakan etika dan harus dapat mengkomunikasikannya pada orang lain.

 Demikian mengenai CIRI PEMIKIRAN FILSAFAT. Semoga bermanfaat. Jika ada kekurangan mohon koreksinya. Salam Nektarity

0 Response to "Ciri Pemikiran Filsafat"

Poskan Komentar