Ciri Pemikiran Filsafat

Berfilsafat adalah berfikir. Ini tidak berarti berfikir adalah filsafat. Kalau yang dikatakan berf...

Berfilsafat adalah berfikir. Ini tidak berarti berfikir adalah filsafat. Kalau yang dikatakan berfilsafat adalah berfikir, hal ini dimaksudkan bahwa berfilsafat termasuk kegiatan berfikir.

Setelah sebelumnya sudah dipaparkan mengenai Dasar Ilmu Filsafat, kali ini kita akan mengupas mengenai ciri pemikiran filsafat.

Ciri Pemikiran Filsafat

 Ciri-ciri Pemikiran Filsafat


Ada beberapa ciri berfikir secara kefilsafatan, yaitu :

Radikal : berfikir secara radikal adalah berfikir sampai ke akar-akarnya. Berfikir sampai ke hakikat, esensi, atau sampai ke substansi yang dipikirkan.

Universal atau umum : berfikir secara universal adalah berfikir tentang hal-hal serta proses-proses yang bersifat umum.

Konseptual : berfikir secara konseptual adalah berfikir dengan generalisasi dan abstraksi dari pengalam tentang hal-hal serta proses-proses individual.

Koheren dan konsisten : Berfikir secara koheren dan konsisten adalah berfikir sesuai denagn kaidah-kaidah berfikir (logis) dan tidak mengandung kontradiksi.

Sistematik : Berfikir secara sistematik adalah berfikir secara teratur dan saling berhubungan dan terkandung adanya maksud atau tujuan tertentu

Komprehensif : Berfikir secara komprehensif adalah berfikir dengan berusaha untuk menjelaskan alam semesta secara keseluruhan.

Bebas : Berfikir secara bebas adalah berfikir dengan mengembangkan pikiran secara insaf semata-mata menurut kaidah fikiran itu sendiri.

Pemikiran yang bertanggung jawab : Berfikir secara pemikiran yang bertanggung jawab adalah berfikir dengan bertanggung jawab terhadap hati nurani dengan menggunakan etika dan harus dapat mengkomunikasikannya pada orang lain.

 Demikian mengenai CIRI PEMIKIRAN FILSAFAT. Semoga bermanfaat. Jika ada kekurangan mohon koreksinya. Salam Nektarity

COMMENTS

Pengikut

Berlangganan Artikel Kami

Nama

Artikel Bahasa dan Sastra Buku cerpen Desain Download Filsafat Kritik Kuis Lomba Menulis Opini Puisi Teori Menulis Tips Menulis Trik Blogger
false
ltr
item
Komunitas Penulis Fiksi Sastra Indonesia: Ciri Pemikiran Filsafat
Ciri Pemikiran Filsafat
https://1.bp.blogspot.com/-qUeliUgeER0/Ux72hj9EpQI/AAAAAAAAANE/CS1n6pvlqWU/s1600/f.png
https://1.bp.blogspot.com/-qUeliUgeER0/Ux72hj9EpQI/AAAAAAAAANE/CS1n6pvlqWU/s72-c/f.png
Komunitas Penulis Fiksi Sastra Indonesia
http://www.rumpunnektar.com/2013/08/ciri-pemikiran-filsafat.html
http://www.rumpunnektar.com/
http://www.rumpunnektar.com/
http://www.rumpunnektar.com/2013/08/ciri-pemikiran-filsafat.html
true
7660082134650152979
UTF-8
Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Cancel Hapus By Home PAGES POSTS View All YANG MUNGKIN ANDA CARI LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy