Teori Ontologi Sastra

Ada banyak definisi tentang sastra . Hal ini dimungkinkan karena seperti yang diyakini kaum formalis...

Ada banyak definisi tentang sastra. Hal ini dimungkinkan karena seperti yang diyakini kaum formalis bahwa sastra bukan sesuatu yang statis melainkan susunannya berubah-ubah. Sebuah karya sastra sangat dipengaruhi oleh ruang dan waktu. Dua karya sastra dari dua tempat atau zaman yang berbeda bisa memiliki ciri-ciri dan karekteristik yang berbeda karena karya sastra sangat dipengaruhi oleh ruang dan waktu serta budaya dan nilai-nilai yang ada di sekitarnya.

 Teori Ontologi Sastra


Teori Ontologi Sastra

Ontologi adalah analisis tentang objek materi dari ilmu pengetahuan, yaitu hal-hal atau benda-benda empiris. Ontologis membahas tentang apa yang ingin diketahui.

Menurut kaum formalis, sastra adalah bahasa yang mengalami defamiliarisasi atau deotomatisasi untuk menonjolkan bentuk bahasa demi efek estetis. Defamiliarisasi adalah konteks sifat sastra yang aneh atau asing. Keanehan tersebut sebagai hasil sulapan pengarang. Pengarang bebas menyulap teks sastra menjadi sangat berbeda dengan susunan sesungguhnya dengan  memanfaatkan aspek semantik, sintaksis, dan pragmatik bahasa. Akibatnya teks sastra boleh saja jadi sulit dikenali karena menggunakan bahasa spesifik. Dalam hal ini teks kehilangan otomatisasi (deotomatisasi) untuk dipahami pembaca. Untuk memahami pesan di dalamnya, pembaca harus melakukan identifikasi sembari membaca sebuah teks sastra.

Cara mengungkapkan merupakan ciri khas bagi kesastraan. Defamiliarisasi dan deotomatisasi menghasilkan cipta seni sastra yang unik.Fungsi puitik dominan dalam sastra karena Fungsi puitik dapat diketahui bila muncul ekuivalensi, persamaan atau pertentangan yang menyolok yang bersifat sistematik. Fungsi puitik yang juga biasa disebut fungsi imajinatif merupakan fungsi bahasa yang terkait dengan cara penyampaian pesan.

Cara-cara tertentu membuat pesan yang disampaikan menjadi mengesankan karena dilakukan dengan menggunakan bahasa yang indah penuh estetika. Karenanya sastra dapat digunakan untuk mengetahui nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat dengan cara mempelajari kebudayaan mereka.

Baca Juga Teori Resepsi Sastra

Demikian sedikit mengenai Ontologi Sastra, semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan mohon koreksinya. Salam Nektarity

COMMENTS

Pengikut

Berlangganan Artikel Kami

Nama

Artikel Bahasa dan Sastra Buku cerpen Desain Download Filsafat Kritik Kuis Lomba Menulis Opini Puisi Teori Menulis Tips Menulis Trik Blogger
false
ltr
item
Komunitas Penulis Fiksi Sastra Indonesia: Teori Ontologi Sastra
Teori Ontologi Sastra
http://2.bp.blogspot.com/-tQppwMwYmz8/Uzom0zl1QZI/AAAAAAAACFw/qC2kFUo7YxM/s1600/921118_4775972800329_1606485695_o.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-tQppwMwYmz8/Uzom0zl1QZI/AAAAAAAACFw/qC2kFUo7YxM/s72-c/921118_4775972800329_1606485695_o.jpg
Komunitas Penulis Fiksi Sastra Indonesia
http://www.rumpunnektar.com/2014/03/teori-ontologi-sastra.html
http://www.rumpunnektar.com/
http://www.rumpunnektar.com/
http://www.rumpunnektar.com/2014/03/teori-ontologi-sastra.html
true
7660082134650152979
UTF-8
Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Cancel Hapus By Home PAGES POSTS View All YANG MUNGKIN ANDA CARI LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy