Tips Menulis Cerpen dan Novel yang Baik

Tips Menulis yang Baik - Kalau seseorang bertanya bagaimana teori mengendarai sepeda, begitupula susahnya menjawab bagaimana teori menulis,susah-susah gampang. Hanya dibutuhkan banyak berlatih – meski jatuh bangun. Dikritik atau karya kita dicampakkan ke tempat sampah itu hal yang biasa, apalagi bagi penulis pemula.

Beberapa penulis hebat meramu berbagai cara menulis yang bagus. Tapi teorinya tak pernah baku, hanya berdasar pengalaman masing-masing. Jadi yang terpenting adalah belajar terus-menerus. Kepandaian menulis biasanya dimulai dengan membaca. Maka untuk piawai menulis, Anda mesti: membaca, membaca, dan membaca. Setelah itu barulah: tulislah, tulislah, dan tulislah!

Tips Menulis Cerpen ataupun Novel


Tips Menulis Cerpen yang Baik


Jangan sesekali menganggap remeh karya fiksi. Biasanya tulisan fiksi digunakan para wartawan untuk menghadapi penguasa tiran. Di Indonesia karya seperti ini banyak ditemui pada masa pergerakan nasional karya penulis semisal Tirto Adisuryo, Tan Malaka, Mas Marco, Hatta, Bung Karno, dan tentu saja Pramoedya Ananta Toer. Mereka menulis fakta yang dibungkus imajinasi. Sederhananya seperti menulis cerpen tapi latar cerita yang dibangun adalah fakta.

Seno Gumira Ajidarma, wartawan senior, kerap melakukannya untuk mengungkap kasus Dili pada 1991 lewat cerpennya Saksi Mata dan Trilogi Penembak Misterius. Cara ini menurut Seno terbilang efektif untuk melawan tiran.


Bagaimana Tulisan yang Baik?


Kalau ada yang bertanya bagaimana tulisan yang baik? Selain menggunakan pilihan kata yang menarik, tulisan yang baik haruslah memiliki ide! Ide yang baik hanya bisa lahir bila tulisan Anda memiliki:

Orisinalitas
Artinya tulisan itu, mengandung gagasan yang sejati dari diri Anda, yang berbuah karya Anda berbeda dengan tulisan yang pernah ada. Misalnya ketika, seluruh media massa menulis kerusuhan di Timor Timur, Anda menulis imbas bagaimana anak-anak di sana trauma melihat baju loreng.

Berdampak
Tulisan yang baik selalu memiliki dampak kepada pembacanya: menggugah kesadaran masyarakat dan mempengaruhi pendapat umum – lantaran kebenaran yang dikandungnya. Sebagai misal, roman Siti Nurbaya, Habis Gelap Terbitlah Terang, Mein Kampf, atau Uncle Tom’s Cabin.

Unik
Biasanya sesuatu yang menggelitik atau tak pernah terbayangkan masyarakat umum. Misalnya ilmuwan yang memburu kutu harimau. Dia menangkap harimau dan membersihkan kutunya, setelah bersih barulah binatang buas itu dilepas, “Banyak harimau yang punah lantaran diburu dan digigit kutu yang bisanya beracun,” ujarnya.

Baru
Biasanya ini menyangkut inovasi. Bila Anda menemukan teknik menulis yang baru dan menarik. Gunakan! Inovasi membuat surat kabar Anda dibaca dan laku. Misalnya menulis dengan gaya detektif, sastra, atau fiksi ilmiah.

Bermanfaat
Tulisan yang baik selalu memberi pencerahan dan membuka pengetahuan bagi pembacanya.


Langkah Penting Menulis


Tulisan yang menjemukan kerap ditinggalkan pembaca. Alasannya bisa saja sepele: tulisan Anda tak menarik dan melelahkan ketika dibaca. Solusinya Anda harus membuat tulisan itu “basah” tidak kering. Kaya bahan, terutama yang penting Anda mampu menciptkan suasana dag dig dug pada pembaca. Penempatan ide atau kalimat jangan sampai menciptakan anti klimaks pada awal tulisan.

Ada bermacam cara untuk menciptakan tulisan yang menarik, diantaranya:

Cara menyusun tulisan
Seperti interior, menarik atau tidak tulisan bergantung pada Anda yang menatanya. Tulisan dapat disusun dengan menggunakan teknik piramida terbalik, kronologis, kilas balik, dan delayed-delayed drop.

Merangsang Rasa Penasaran
Bila kronologis terasa membosankan dan straight news seperti gaya sepak bola Inggris yang enggan menggocek bola, maka pilihlah delayed drop atau delayed-delayed drop. Kunci peristiwa atau puncak ketegangan pada delayed drop diletakkan di pada bagian tengah atau akhir. Sedangkan delayed-delayed drop bagian terpenting ditaruh pada ujung tulisan, seperti gaya penulisan detektif. jangan lupa juga untuk mempermanis dengan anekdot, kontradiktif, angka, atau catatan sejarah.

Baca Juga Tips Menulis Artikel Ilmiah

Demikian Tips Menulis yang Baik, semoga bsia memberi manfaat.  Salam Nektarity

2 Responses to "Tips Menulis Cerpen dan Novel yang Baik"

  1. Thx infonya ,,, membantu bgt 😀

    BalasHapus
  2. thanks my broo...sangat membantu saya sebagai penulis pemula..

    BalasHapus