Cara Menyusun Autobiografi dan Contohnya

Bahasa dan Sastra - Apa yang dimaksud dengan autobiografi itu? Apakah sama dengan penulisan biografi? Lalu gimana cara membuat autobiografi tersebut? Meski sudha pernah mendengan kata Autobiografi, mungkin masih ada beberapa yang belum memahami apa itu. Autobiografi atau disebut juga otobiografi secara harfiah berasal dari bahasa yunani. Kata 'auto' yang bermakna sendiri, sementara bio dari bios yang berarti hidup dan graphien artinya tulisan. Sehingga jika diartikan secara mudah autobiografi adalah sebuah tulisan tentang kisah kehidupan yang ditulis oleh subjeknya langsung.

Menulis Autobiografi itu berbeda dengan biografi. Autobiografi atau otobiografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri yang berdasarkan pengalaman pribadi. Jika riwayat hidup itu ditulis sendiri dinamakan autobiografi, sedangkan jika ditulis oleh orang lain dinamakan biografi. Untuk lebih jelasnya kita akan membahas apa itu biografi dan bagaimana menyusunnya. Juga akan kita sertakan contoh autobiografi yang bisa dijadikan bahan referensi.

Cara Membuat Autobiografi


Cara Memnyusun Autobiografi


Secara umum autobiografi berisi mengenai :
  • Asal-usul tokoh mulai dari kelahiran, daerah asal dan juga asal keluarga
  • Pendidikan tokoh
  • Narasi perjalanan kehidupan tokoh
  • Deskripsi mengenai kegiatan dan prestasi tokoh
  • Hal-hal yang bisa diteladani dari tokoh tersebut

Biografi dengan autobiografi itu merupakan tulisan yang menceritakan riwayat hidup seseorang, akan tetapi keduanya itu berbeda karena penulisnya. Lalu bagaimana cara membedakan antara biografi dengan autobiografi tersebut? Berikut ini ciri-ciri autobiografi menurut fungsi dan unsur-unsurnya :

Ciri-ciri Autobiografi

Menurut fungsinya :
  • Untuk mengetahui kehidupan, riwayat, prestasi dan segala pengalaman dari orang tersebut.
Menurut unsur-unsurnya :
  • Ditulis berdasarkan sudut pandang yang melakukan
  • Riwayat hidup ditulis berdasarkan apa yang dirasakan atau dilakukan
  • Data-data pribadi terpercaya

Jenis-jenis Autobiografi

Autobiografi juga terbagi atas beberapa jenis Autobiografi, antara lain :

1. Autobiografi Kritik Totalitarianisme
Korban dan penentang rezim totaliter telah mampu menyajikan kritik mencolok dari rezim melalui bentuk autobiografi dari penindasan mereka.

2. Autobiografi Sensasional
Autobiografi ini biasanya adalah autobiografi milik atlet profesional modern dan media selebriti-dan pada tingkat lebih rendah tentang politisi, umumnya ditulis oleh pengarang untuk orang lain yang, secara rutin diterbitkan.

3. Autobiografi Seseorang yang Tidak Terkenal
Beberapa orang tanpa klaim asli terkenal menulis atau menerbitkan autobiografi bagi masyarakat umum.

4. Autobiografi Fiksi
Istilah "autobiografi fiksi" telah diciptakan untuk mendefinisikan novel tentang seorang tokoh fiktif yang ditulis seolah-olah karakter itu menulis biografi mereka sendiri.


Cara Menulis Autobiografi

Lalu bagaimana cara menulis autobiografi yang baik? Jangan khawatir ya, kami akan memaparkan langkah-langkah membuat autobiografi yang baik. Berikut langkah-langkah membuat autobiografi :
  • Buat garis besar dari cerita yang ingin ditulis, mulai dari mengumpulkan bahan-bahan terlebih dahulu.
  • Setelah terkumpul, kemudian kemukakanlah pengalaman Anda dalam konteks pelajaran.
  • Menceritakan tentang kehidupan Anda, ungkapkan sedetil-detilnya, dan isi cerita Anda itu  dengan bahasa dan kata-kata Anda sendiri.
  • Tulislah seolah-olah hidup Anda bergantung pada tulisan Anda.

Contoh Autobiografi.
Nama saya Putri Wulandari, saya biasa dipanggil Putri. Saya lahir di Bandung, 21 Maret 1995. Saya adalah anak Kedua dari 2 bersaudara. Ayah saya bernama Nur Jaelani dan ibu saya bernama Supatmi Murni. Ayah saya bekerja di salah satu perusahaan Swasta di Bandung. Sedangkan ibu saya adalah ibu rumah tangga. Saya memiliki kakak laki-laki yang bernama Alexander Mangkubrata, Kakak saya sudah menikah dan memiliki 1 orang anak. Saya bersama ayah dan ibu saat ini tinggal dalam satu rumah di Desa Murti Rahayu RT 002/RW 009, kecamatan. Lembang. Jawa Barat.

Pada tahun 1999, saya mulai memasuki jenjang pendidikan di Taman Kanak-kanak "Hati Ibu" yang berada tidak jauh dari rumah saya. Saya menempuh pendidikan TK selama 2 tahun yakni TK nol kecil dan TK nol besar. Selanjutnya setelah lulus TK, kemudian saya melanjutkan di SD Negeri 4 Bandung dan saya juga merupakan siswa berprestasi yang menjadi lulusan terbaik pada tahun 2005. Setelah itu saya melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Bandung. Di seklah tersebutlah saya mulai mengembangkan bakat menulis saya karena disana terdapat ekstra kulikuler Karya Sastra dan pada akhirnya saya menjadi juara menulis karya tulis jenjang SMP tingkat nasional ketika saya duduk di kelas 9. Setelah lulus pada tahun 2008, saya melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 2 Bandung. KEHidupan saya semasa SMA tak terlalu baik karena persaingan banyak sekali siswa cerdas disana. Saya lulus dari SMA N 2 Bandung pada tahun 2012 dan langsung melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi di Institut Pertanian Bogor pada pada tahun 2012. Saya di ITB mengambil jurusan ilmu tanah karena saya mendapatkan beasiswa bidik misi. Hingga selesai pada tahun 2015 lalu saya menjadi lulusan terbaik dan menerima predikat cumlaude dengan IPK 3,91. Saya juga di daulat sebagai lulusan tercepat dan termuda pada saat itu dengan lama masa pendidikan selama 3,3 tahun untuk jenjang pendidikan Strata 1 (S1).

Demikian mengenai Cara menulis Autobiografi dan juga jenis-jenis Autobiografi lengkap dengan contohnya. Semoga bisa membantu anda yang sedang ingin membuat autobiografi atau yang sedang memiliki tugas membuat Autobiografi dan juga teorui tentang Autobiografi. Salam Nektarity.



Cara Menyusun Autobiografi dan Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rumpun Nektar

0 komentar:

Berlangganan Artikel Kami

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.