Tips Sukses Menjual Sepatu Kets Hasil Kerajinan Tangan Online

Salam Nektarity. Apa kabar? kali ini kita akan coba memberikan tips sukses yang semoga bisa menjadi inspirasi anda. Punya hasil kerajinan tangan sendiri tapi kesulitan untuk memasarkannya? Produk handmade memang masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat kita. Pembeli enggan membeli barang hasil kerajinan karena merasa harganya mahal. Sedangkan di luaran sana banyak komoditas dibandrol dengan harga menggiurkan seperti sepatu kets.

Tantangan menjual kerajinan tangan secara online
Bukan berarti bahwa barang handmade tidak ada peminat. Tantangannya adalah bagaimana menawarkan barang pada orang yang tepat? Sebagai contoh, misalnya kamu punya produk sepatu kets handmade. Sepatu kets ini harus bersaing dengan barang lain di pasaran. Dari mulai brand besar dengan harga mahal, barang imitasi brand mahal, barang China sampai produk pabrikan lokal.
  • Menemukan pembeli yang tepat. Lalu, bagaimana menemukan orang-orang yang tertarik dengan sepatu kets original bukan tiruan? Tentu saja, orang itu lebih suka dengan produk lokal, terlebih dengan kerajinan tangan. So, penjual harus pintar-pintar membuat kerajinan yang bisa menjangkau sebanyak mungkin kalangan. Misalnya, sepatu kets untuk orang dewasa hingga anak-anak dengan varian model dan warna beragam.
  • Menjajal strategi marketing “mulut ke mulut”. Alangkah lebih baiknya, penjual memiliki sebanyak mungkin jaringan yang menyukai hasil kerajinan mereka dan bisa membantu memasarkan. Caranya bisa lewat testimoni dan obrolan dari mulut ke mulut. Pemasaran dari mulut ke mulut ini sangat efektif karena pembeli lain akan tertarik gara-gara testimoni real dari kenalan mereka.
  • Melakukan penetrasi di kalangan komunitas. Produsen juga harus aktif mencari komunitas sesama produsen barang kerajinan. Lewat komunitas ini kemungkinan semakin dikenalnya barang kerajinan akan lebih besar. Komunitas tersebut bisa berupa grup di media sosial atau sebuah marketplace.

Tips sukses menjual produk handmade secara online


Memasarkan produk yang dinilai baru, memang bukan hal mudah. Terlebih idealisme pengrajin dibenturkan dengan kenyataan pasar yang tidak mendukung. Tapi, lewat para enterpreneur besar kita bisa mengamati dan meniru cara mereka berjualan online. Yuk simak tips sukses memasarkan produk handmade berikut!
  • Buat visual semenarik mungkin. Coba perhatikan brand-brand terkenal yang memasarkan produk mereka lewat media online. Foto yang mereka unggah pasti punya kualitas bagus dan niat. Mereka sadar bahwa memasarkan barang di media online berbeda dengan datang langsung ke toko. Pembeli hanya bisa melihat foto dan deskripsi saja. Jadi kalau kamu punya produk sepatu kets, cobalah membuat visual tidak biasa dan menonjolkan keunggulannya.
Contoh visual produk Sepatu Kets

Contoh visual produk Sepatu Kets



  • Totalitas dalam memproduksi produk. Membuat kerajinan tidak bisa asal-asalan atau setengah-setengah. Curahkan semua kreatifitas dan kemampuan tanpa perlu memandang akan seperti apa penilaian orang lain. Ada banyak pengrajin sukses mendengarkan idealisme mereka sendiri daripada penilaian orang. Sehingga ada orang mau jauh-jauh datang ke tempat kerajinannya karena tahu kualitas produknya.


  • Berikan deskripsi barang secara lengkap. Memasarkan produk lewat media online harus dilengkapi deskripsi atau knowledge produk menyeluruh. Contohnya untuk sepatu kets, deskripsikan secara jelas mengenai bahan, ukuran, teknik pembuatan, warna dsb. Semakin jelas dan lengkap, pembeli akan semakin melihat daya tarik produk tersebut. Sehingga pembeli lebih percaya dan yakin untuk membeli. Tentu saja, deskripsi harus jujur agar ekspekstasi pembeli sesuai dengan kondisi produk.

Contoh Deskripsi Produk Sepatu


  • Kisah atau story di balik produksi. Ceritakan lewat web atau deskripsi tentang bagaimana proses kerajinan ini bermula, perjalanan untuk tetap survive dan tantangan juga peluang yang dihadapi selama proses pembuatan sepatu kets. Cerita ini akan melekat di hati pembeli, dan jangan heran kalau kisah ini diperbincangkan.

  • Jangan menyerah dan terus berinovasi. Inovasi bukan hanya terkait produk tetapi juga pemasaran. Jika selama ini kamu hanya memasarkan sepatu kets lewat Facebook, Instagram atau web, cobalah marketplace yang fokus menjual hasil kerajinan. Karena kamu akan mendapatkan pasar lebih spesifik.

Media online terbaik untuk menjual produk handmade milikmu

Saat ini media online dijadikan tempat untuk berjualan karena hemat biaya. Contonya di media sosial, pengrajin bisa memperkenalkan produk mereka misalnya sepatu kets. Sebab di media sosial banyak orang berkumpul dan berinteraksi, harapannya di antara orang-orang tersebut ada yang tertarik dengan produk kita.

Pertanyaannya apakah ini efektif?

Sebenarnya pengrajin bisa mencoba media online yang lebih efektif dan target terarah yaitu marketplace. Karena biasanya orang berkunjung ke marketplace sudah pasti ingin membeli sesuatu. Tapi pastikan untuk memilih marketplace yang benar sesuai produk. Nah, untuk produk handmade kini hadir Qlapa.com. Marketplace ini adalah tempat khusus para pengrajin untuk menjual kerajinan tangan.

Di Qlapa.com, pengrajin tidak perlu khawatir bersaing dengan penjual barang pabrikan atau tiruan. Pembeli yang datang pun pasti punya ketertarikan dengan kerajinan tangan. Pengrajin juga sudah tidak perlu bingung dalam membuat sistem atau strategi marketing karena akan dibantu oleh marketplace. Sistem pembayarannya juga mudah. Sehingga, pengrajin bisa fokus memproduksi barang dan mengirimkan barang pada pemesan.

So, sudah nggak bingung lagi kan memilih media yang pas untuk memasarkan kerajinan tanganmu? Salam Nektarity.

Tips Sukses Menjual Sepatu Kets Hasil Kerajinan Tangan Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rumpun Nektar

0 komentar:

Berlangganan Artikel Kami

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.