Cara Menulis Biografi dan Langkah Menyusunnya

Bagaimana Cara menulis Biografi? banyak orang masing kebingungan ketika diharuskan membuat biografi baik tokoh besar atau orang terkenal. Biografi sebenarnya hanya merupakan tulisan tentang perjalanan hidup seseorang. Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup, dab graphien yang berarti tulis. Dengan kata lain biografi merupakan tulisan tentang kehidupan seseorang. Biografi, secara sederhana dapat dikatakan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi dapat berbentuk beberapa baris kalimat saja, namun juga dapat berupa lebih dari satu buku.

Menulis Biografi merupakan sarana yang cukup efektif dalam penyebaran pengetahuan tentang seseorang, membangun personal brand dan pencitraan diri. Sayangnya terkadang pesan yang diangkat dan ingin di sampaikan gagal menyentuh audiens. Banyak politisi atau pejabat yang melakukan pencitraan dengan membeberkan kisah hidupnya melalui sebuah buku biografi.  Dalam biografi tersebut dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga.

Cara Menulis Biografi

Cara Menulis Biografi


Ada beberapa hal yang harus di perhatikan untuk menulis biografi, diantaranya:
  • Siapa tokoh yang akan di tulis biografinya
  • Cara penuturannya

Karena itu menulis Biografi berbeda dengan menulis novel Biografi menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya.

Macam-macam Biografi

 Berdasarkan sisi penulis

1. Autobiografi  : Biografi yang ditulis sendiri oleh tokoh yang tercatat perjalanan hidupnya

2. Biografi : itulis oleh orang lain, berdasarkan izin penulisan dibagi atas :
  •     Authorized biography, yaitu biografi yang penulisannya seizin atau sepengetahuam tokoh didalamnya
  •     Unauthorized biography, yaitu ditulis seseorang tanpa sepengetahuan atau izin dari tokoh di dalamnya (biasanya karena telah wafat)

Berdasarkan Isinya

 1.   Biografi Perjalanan Hidup: Isinya berupa perjalanan hidup lengkap atau sebagian paling berkesan.
 2.   Biografi Perjalanan Karir: Isinya berupa perjalanan karir dari awal karir hingga karir terbaru, atau sebagian perjalanan karir dalam mencapai sukses tertentu.


Berdasarkan persoalan yang dibahas

1. Biografi politik. yaitu penulisan tokoh-tokoh di negeri ini dari sudut politik. Dalam biografi semacam ini bahan-bahan dikumpulkan biasanya melalui riset. Namun, biografi semacam ini kadang kala tidak lepas dari kepentingan penulis ataupun sosok yang ditulisnya.

2. Intelektual biografi yang juga disusun melalui riset dan segenap temuan dituangkanpenulisnya dalam gaya penulisan ilmiah.

3. Biografi jurnalistik ataupun biografi sastra yaitu materi penulisan biasanya diperoleh dari hasil wawancara terhadap tokoh yang akan ditulis maupun yang menjadi rujukan sebagai pendukung penulisan. Ini lebih ringan karena Cuma keterampilan dan wawancara.


Berdasarkan penerbitannya

1. Buku Sendiri. Penerbitan buku kategori ini dilakukan atas inisiatif penerbit dengan seluruh biaya penulisan, percetakan, danpemasaran ditanggung oleh produsen. Biografi jenis ini biasanya memuat kisah hidup tokoh-tokoh yang diperkirakan akan menarik perhatian publik.

2. Buku Subdisi. Ongkos pembuatan buku jenis ini sebagian dibiayai oleh sponsor. Biasanya pola ini dilakukan pada buku-buku yang diperkirakan dari segi komersial tidak akan laku atau kalaupun bisa dijual harganya sangat tinggi sehingga tidak terjangkau.


Langkah-langkah menulis Biografi

Ada beberapa langkah menulis biografi
  •     Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tokoh yang akan di tulis biografinya. Yang terbaik adalah bertemu langsung dan mewawancarai sang tokoh dan orang-orang yang mengenalnya dengan baik. Jika sang tokoh sudah meninggal, maka hubungi saudara, kerabat atau siapa saja yang mengenal si tokoh dengan baik.
  •     Kumpulkan data-data yang akurat dan legal sebagai pendukung. Baik dalam bentuk tulisan di media yang mengulas tentang sang tokoh ataupun dalam bentuk foto, video, dll. Sehingga anda mengetahui apa pendapat orang lain tentang sang tokoh dari perspektif yang berbeda.
  •     Mintalah pendapat sang tokoh tentang segala hal yang ingin atau tidak ingin di ketahui publik tentang dirinya. Hal ini untuk mencegah tuntutan hukum di kemudian ahari jika sang tokoh merasa anda melakukan pencemaran nama baik
  •     Mulai menulis dengan baha-bahan yang tersedia. Jika kurang jelas, hubungi lagi narasumber agar tidak terjadi kesalahan yang tidak di inginkan.
  •     Setelah penulisan selesai, mintalah tokoh anda untuk membaca draft naskah, dan menyetujui setiap kalimat yang anda tuliskan di sana. Agar kemudian hari tidak ada silang sengketa. Jadikan tokoh anda sebagai salah satu editor naskah biografi anda.
  •     Selesai, dan buku siap di terbitkan..  

Lihat Juga  Cara Menulis Singkatan dan Gelar

Demikian mengenai Cara Menulis Biografi dan Macam-macam Biografi, semoga bisa menjadi pencerahan bagi anda yang sedang mencari seputar penulisn biografi baik jenis-jenis biografi ataupun langkah-langkah biografi. Salam Nektarity.


2 Responses to "Cara Menulis Biografi dan Langkah Menyusunnya"

  1. Trims Rumpunnrktar artikelnya.
    Salam Kenal dari
    Krisnomo Johanes
    www.johaneskrisnomo.blogspot.com

    BalasHapus
  2. ini baru post yang menarik

    BalasHapus