Selamat datang di situs KOMUNITAS PENULIS FIKSI SASTRA INDONESIA - RUMPUN NEKTAR

Jenis-jenis Artikel dan Macam-macam Artikel

Artikel dalam bahasa Inggris ditulis “article.” Menurut kamus lengkap Inggris-Indonesia karangan Wojowasito dan Poerwodarminto, article berarti “karangan”. Sedangkan pengertian artikel dalam bahasa Indonesia, menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka, berarti karangan di surat kabar, majalah dan sebagainya. Dalam lingkup jurnalistik, para pakar komunikasi menerjemahkan artikel berdasarkan sudut pandang masing-masing.

Artikel adalah suatu bentuk karangan yang berisi analisis suatu fenomena alam atau sosial dengan maksud untuk menjelaskan siapa, apa, kapan, dimana, bagaimana dan mengapa fenomena alam atau sosial tersebut terjadi. Suatu artikel kadang-kadang menawarkan suatu alternatif bagi pemecahan suatu masalah. Bentuk tulisan artikel adalah Pengantar Tubuh, dan Kesimpulan.

Menulis artikel boleh dimulai dengan pemaparan fakta sebagai data dari apa yang akan ditulisnya itu. Dari data yang ada itu penulis bisa memberikan pendapat, pandangan, gagasan, atau bahkan interpretasi dari fakta yang ada pada data tersebut. Fakta pada penulisan artikel adalah kenyataan yang ada sesuai dengan data yang sebenarnya. Fakta bukan buah pikiran atau pernyataan bisa menjadi fakta asalkan dilatar-belakangi oleh peristiwa yang sebenarnya.

Dalam menulis artikel ilmiah, harus berisi gagasan atau ide ilmiah. Gagasan ilmiah itu terlihat dari substansi gagasan ilmiah dan alur berpikir ilmiah dalam artikel tersebut. Gagasan ilmiah terbentuk jika gagasan itu diolah dengan alur berpikir ilmiah dan ditampilkan dengan teknik penulisan yang diikuti penulisan artikel ilmiah.

Dalam artikel ilmiah, alur berpikir ilmiah itu tampak pada penataan butir-butir pikiran dalam membentuk gagasan ilmiah.
Jenis-jenis Artikel


Redaktur media massa biasanya mengelompokkan artikel menjadi beberapa jenis berdasarkan sudut pandang penulis, dalam memaparkan idea atau gagasannya. Pengelompokkan ini oleh redaktur dipakai untuk memudahkan penempatan pemuatannya, pada halaman yang sesuai dengan misi dan visi penerbitannya.

Jenis-jenis Artikel


Ada 5 jenis artikel di antaranya:

Eksploratif
Artikel eksploratif adalah artikel yang mengungkapkan fakta-fakta berdasarkan kajian dari penulisnya. Jenis artikel ini cocok untuk menguraikan penemuan-penemuan baru, misalnya seseorang menemukan benda-benda antik peninggalan zaman purba.

Eksplanatif
Eksplanatif artinya menerangkan. Artikel eksplanatif adalah artikel yang isinya menerangkan sesuatu untuk dapat dipahami pembaca. Misalnya, ketika Presiden Gus Dur berkeinginan membubarkan parlemen (DPR) dengan sebutan dekrit presiden, mengundang tanggapan dari para pengamat. Nah penulis artikel yang jeli, membuat artikel dengan menerangkan apa sih sebenarnya dekrit presiden itu, bagaimana caranya dan sebagainya.

Deskriptif
Deskriptif adalah artikel yang menggambarkan suatu permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat, sehingga dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Jenis artikel ini mirip dengan laporan atau reportase, bedanya jika laporan atau reportase hanya berdasarkan fakta saja, tetapi artikel penulisnya bisa memasukan opini untuk memperjelas masalah yang digambarkan itu.

Prediktif
Artikel prediktif adalah artikel yang berisi perhitungan atau ramalan apa yang bakal terjadi di kemudian hari berdasarkan perhitungan penulisnya.

Preskriptif
Artikel prespiktif adalah artikel yang memberikan tuntunan kepada pembacanya untuk melakukan sesuatu sehingga tidak mengalami kekeliruan atau kesalahan.

Baca Juga TEKNIK MENULIS ARTIKEL ILMIAH POPULER


Macam-macam Artikel


Artikel ilmiah popular
Artikel ini berupa tulisan yang menyajikan analisis ilmu pengetahuan umum yang ditulis secara menarik bagi pembaca. Tujuan pokoknya mempersempit jarak antara ilmuwan (scientist) dengan masyarakat umum.

Artikel penuntun praktis
Artikel ini berupa tulisan yang menyajikan petunjuk praktis melakukan atau membuat sesuatu, misalnya tulisan tentang petunjuk praktis menanam anggrek.

Artikel politik
Artikel ini berupa tulisan yang menyajikan analisis atau interpretasi penulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan politik, baik dalam maupun luar negeri, misalnya analisis kesuksesan partai pendatang baru dalam pemilu.

Artikel budaya
Artikel ini berupa tulisan yang menyajikan seluk-beluk budaya (dalam arti luas, termasuk kesenian), misalnya perlunya pelestarian wayang beber.

Artikel ekonomi
Artikel ini berupa tulisan yang menyajikan tulisan tentang analisis atau interpretasi tentang kondisi ekonomi (baik mikro maupun makro), misalnya dampak kenaikan harga minyak bagi ekonomi nasional.

Artikel olahraga
Artikel ini berupa tulisan yang menyajikan tentang olahraga, bisa event atau orangnya, misalnya tentang nasib olahraga perbulutangkisan Indonesia masa pendatang.

Artikel pendidikan
Artikel ini berupa tulisan yang berisi tentang kependidikan, misalnya pembahasan tentang Ujian Nasional dan sebagainya.

Demikian mengenai JENIS-JENIS ARTIKEL DAN MACAM-MACAMNYA. Semoga bermanfaat terutama bagi yang sedang mencari jenis-jenis Artikel.

Salam Nektarity



Sumber Pustaka:
Sudjiono, Anas. 2006. Pengantar evaluasi pendidikan. PT. Raja Garfindo Persada: Jakarta.
Djuroto, Totok. dan Bambang Suprijadi. 2007. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Rosda: Bandung.

0 Response to " Jenis-jenis Artikel dan Macam-macam Artikel"

Poskan Komentar