Lomba Menulis Cerpen Romantik Idealis - RUMPUN NEKTAR Hunting Stories 2016

Apa makna sastra bagi kehidupan? Ia bukanlah uang yang bisa dibelanjakan, juga bukanlah pakaian yang bisa dikenakan, juga bukanlah makanan yang bisa membuat perut kenyang. Adakah penggubahnya melayaki kehidupannya dari kata-katanya, dari tiap lembar tulisannya?

Seorang anak kecil bertanya pada ayahnya,mengapa anak-anak itu mengambil barang milik orang lain, ketika ia melihat beberapa anak-anak muda mengambil paksa dompet seorang ibu. Sang ayah hanya berkata anak-anak itu kurang pengajaran dari orang tuanya.

Yang terjadi diatas sebenarnya hanyalah runtuhnya moral anak-anak muda yang menjadi setengah bahkan lebih manusia yang mendiami planet bumi ini. Lantas apa hubungannya dengan sastra? Sastra mungkin belumlah merupakan komoditi dalam bentuk hiburan yang menjadi kebutuhan seperti halnya musik, film, dan sinetron. Akan tetapi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam sastra mampu menjadi penuntun manusia dalam menjalani kehidupannya. Penggalian pengalaman hidup para sastrawan yang dituangkan dalam lembaran karyanya, dapat dijadikan tauladan hidup bila kita mampu memetik hikmah dari makna yang terkandung dalam karya sastra tersebut. Belajar dari kesalahan merupakan modal dalam mencapai taraf kebijaksanaan, risalah-risalah agama yang terlalu sulit diterangkan dalam kenyataan hidup sehari-hari, mungkin saja sastra dapat menggantikannya, mengingat unsur pendidikan yang mengacu pada pembentukan moral, tersirat dalam bentuk-bentuk yang tidak terlalu kaku.

Nektarity, sebuah komunitas penulis yang tergabung dalam RUMPUN NEKTAR bekerja sama dengan Penerbit Kekata mencoba memberikan ruang untuk menuangkan pengalaman hidup para penulis(atau calon penulis) yang bisa dijadikan pedoman hidup bagi orang lain.

Lomba Menulis Cerpen 

Romantik Idealis

RUMPUN NEKTAR Hunting Stories 2016


Lomba Menulis Cerpen

Kirimkan Cerpen anda dengan jumlah halaman bebas namun tetap memperhatikan teori dari apa yang disebut dengan  “cerpen”. Kami tidak meletakkan tema sebagai posisi yang paling penting dalam hal ini. Tema adalah proyeksi dari narasi-narasi yang bisa diciptakan dari mana saja. Namun demi mempermudah dalam menemukan pola-pola sintaksis, mengefektifkan kata-kata, melakukan pembauran diksi, kami memberikan sebuah kalimat untuk acuan yang mungkin bisa dijadikan tema, yaitu: “Romantik idealis

Bagi yang belum mengerti aliran Romantik Idealis, silakan bisa lihat di Aliran-aliran Dalam Karya Sastra

Bagi siapapun yang mungkin ingin berpartisipasi dalam kompetisi ini, silahkan kirimkan cerpen anda dalam format MS. Word dengan spasi 1,5 font Times New roman ukuran 12pt. Sertakan juga biodata anda dalam bentuk narasi di akhir naskah (karya dan biodata dalam 1 file) dan di beri nama : nama facebook-nama pena-judul naskah.

Kirimkan ke email ruangkarya@rumpunnektar.com dengan subjek :
#RNHS-nama facebook-nama pena-Judul Naskah
Setiap peserta diberi kesempatan mengirimkan maksimal 3 karya.

Untuk memudahkan komunikasi, peserta diharuskan Add Akun G+ RUMPUN NEKTAR (https://plus.google.com/+RumpunNektar) dan twitter @rumpunnektar

Akan diambil 11 cerpen yang kami anggap mampu menunjukkan bahwa penggalian pengalaman hidup penulis yang dituangkan dalam lembaran karyanya, mampu membawa aroma romantisme yang dipadukan dengan pemikiran idealis dan dapat dijadikan tauladan hidup dari makna yang terkandung dalam karya sastra yang telah dihasilkan, untuk dibukukan dalam sebuah buku ke-empat Grup RUMPUN NEKTAR.

Kami tidak bisa memberikan apa-apa melainkan wadah untuk menyalurkan pengalaman hidup berharga para penulis, tetapi ada beberapa yang bisa dijadikan sebagai motivasi awal melanjutkan langkah. Dalam kompetisi ini kami tidak mengambil pemenang satu, dua, maupun tiga, melainkan kami anggap sebelas penulis itulah pemenangnya, sehingga sebelas penulis yang karyanya lolos akan kami berikan:
  • E-sertifikat
  • Satu eksemplar buku bukti terbit dan bebas ongkos kirim yang akan dialamatkan ke alamat masing-masing.
  • Paket buku dari Kekata Publisher

Sebagai catatan, meskipun seluruh peserta yang akan mengikuti kompetisi ini memang tidak harus menjadi anggota Grup RUMPUN NEKTAR (hanya diwajibkan ketika karyanya lolos), namun kami berharap kesediaannya untuk menyebarluaskan informasi ini melalui catatan akun FB-nya masing-masing jika sekiranya bermanfaat untuk diketahui rekan-rekan anda yang lain.

Kami tunggu karya anda sampai tanggal 20 Februari 2016. Terima kasih.

Ikuti diskusi mengenai Ilmu Sastra di grup facebook kami di http://www.facebook.com/groups/nektarity

Info dan Kontak Penyelenggara :
Komunitas Penulis RUMPUN NEKTAR
Web : www.rumpunektar.com
Twitter : @rumpunnektar
Fanspage : Sastra Indonesia ( www.fb.com/komunitassastra)
Fb Group : RUMPUN NEKTAR

Support by :
Kekata Publisher
Web : www.kekatapublisher.com
Twitter : @kekatapublisher
Fanspage : Sastra Indonesia ( www.fb.com/ kekatapublisher)
.


1 Response to "Lomba Menulis Cerpen Romantik Idealis - RUMPUN NEKTAR Hunting Stories 2016"

  1. hmm...bagus juga visi n misinya. KIranya rumpunnektar terus berkembang ya...sastra is the best. semoga karya anak bangsa bisa diminati tanpa ada perasaan yang aneh-aneh. makasi buat nektary

    BalasHapus