Salah satu Manfaat Karya Sastra

Salah satu fungsi Karya sastra adalah untuk mengkomunikasikan ide dan menyalurkan pikiran serta perasaan estetis manusia pembuatnya. Ide itu disampaikan lewat amanat yang pada umumnya ada dalam sastra (Sapardi Djoko Damono, 1996).

Selain ide, dalam sastra terdapat juga deskripsi berbagai peristiwa, gambaran psikologis, dan berbagai dinamika penyelesaian masalah. Hal ini dapat menjadi sumber insight (percikan-percikan pemikiran) dan inspirasi bagi pembacanya. Dalam hal kesiapan menghadapi krisis, sastra memiliki peranan untuk menumbuhkan semacam kepekaan terhadap krisis (sense of crisis) pada pembacanya. Konflik-konflik dan tragedi yang digambarkan dalam karya sastra memberikan kesadaran pada pembaca bahwa hal itu dapat terjadi dalam kehidupan nyata dan dialami langsung oleh pembaca.

Kesadarannya itu membentuk semacam kesiapan dalam diri untuk menghadapi kondisi sosial yang terjadi di masyarakat. Kesiapan menghadapi kondisi sosial ini mengarahkan manusia untuk mengatisipasi datangnya krisis(misalnya) dan mempersiapkan berbagai hal yang dapat mencegah atau menghentikan krisis. Lewat bacaan sastra itu pula pembaca mendapat insight untuk menyelesaikan masalah. Sastra juga dapat dijadikan sumber inspirasi tentang cara-cara meminimalkan akibat-akibat krisis. Sastra juga berguna bagi para pembacanya sebagai media hiburan.

Manfaat Karya Sastra


Penggunaan sastra dalam terapi seni (art therapy) juga dapat dilakukan. Dengan membaca karya sastra, seseorang mendapatkan suatu kesenangan dari alur cerita, permainan bunyi, juga dari permainan makna. Pembaca dapat melepaskan ketegangan setelah membaca karya sastra. Efek hiburan dan terapeutis positif dari karya sastra dapat diperoleh lewat proses membaca yang intens dan melibatkan keseluruhan diri pembaca.

Seperti berolahraga atau mendengarkan nyanyian, penghayatan terhadap karya sastra akan menimbulkan perasaan senang, tenang, dan melegakan. Karya sastra dapat memberikan efek rekreasi dan relaksasi pada pembacanya. Efek rekreasi dan relaksasi ini dapat membantu manusia untuk menjernihkan pikiran sehingga lebih mampu menyelesaikan masalah-masalah dengan lebih tenang dan teliti.

Demikian sedikit mengenai salah satu manfaat Karya Sastra bagi kita. Salam Nektarity.

0 Response to "Salah satu Manfaat Karya Sastra"

Poskan Komentar