Jenis-jenis Phobia Bagi Seorang Penulis. Memangnya ada?

Phobia merupakan sebuah ketakutan, atau momok yang biasanya sering membuat kita kehilangan banyak kesempatan untuk kita menjadi orang yang besar dan maju. Terlebih bagi seorang penulis pemula, hanya gara-gara phobia pada keadaan tertentu membuat dirinya kehilangan kesempatan menjadi seorang penulis besar. Memangnya ada ya phobia untuk dunia menulis?

Jenis-jenis Phobia Bagi Seorang Penulis

Jenis-jenis Phobia Bagi Seorang Penulis


Nah, ternyata ada beberapa jenis 'Phobia' yang sering hadir dalam diri seorang penulis, diantaranya:

1. Demophopbia [ a fear of people (Audience) ].
Demophopbia adalah ketakutan akan khalayak yang akan membaca tulisan kita nantinya. Belum menulis kita sudah dihantui oleh perasaan ini. Jika hal ini terjadi, selamanya kita tidak pernah menjadi penulis.

2. Laliophobia [ a fear os spesking (I can’t write them down with my own words!)
Laliophobia adalah ketakutan akan tidak kemampuan mengungkapkan/menulis pikiran [hati] Anda ke dalam tulisan

3. Katagelophobia [ a fear ridicule]
Katagelophobia adalah ketakutan diejek/dicemooh, hal ini wajar terjadi manakala seorang-orang tersebut memiliki personality yang perfeksionis. Padahal, tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini. Yang terpenting adalah kesungguhan, saat Anda merasa demikian, pastikan segera untuk menulis.

4. Moneyphobia [ a fear of find nothing from writing]
Moneyphopia adalah ketakutan yang muncul pada seorang-orang yang memiliki orientasi setiap kegiatan diukur dengan uang. Pada hal menulis adalah investasi jangka panjang yang tidak bisa langsung “cash cow"

Hayo, anda termasuk yang mana? :)

Disadur dari: tulisan Masri Sareb Putra, seorang mantan promotion manager PT Grasindo, dan mantan managing Penerbit Indeks, Kelompok Gramedia

2 komentar:

Unknown mengatakan...

No 1 paling menakutkan...

Unknown mengatakan...

no 1 dan 2 paling menakutkan

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.