Apresiasi Sastra Tentang "Kertas dan Pena“ dari FASBuK

Agenda bulanan dari Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) kali ini mengangkat tema Kertas dan Pena. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk panggung apresiasi dan diskusi karya ini lebih mengambil titik fokus sasaran pada karya pekerja seni muda di kota Kudus dan sekitarnya. Acara merupakan kerjasama Fasbuk dengan Himpunan Mahasiswa Progdi Sistem Informasi (HMP SI) UMK Kudus.

Apresiasi sastra di bulan maret ini merupakan ruang apresiasi lanjutan dari bulan kemarin, sama-sama memberikan ruang berkarya bagi para sastrawan muda,dan kali ini penampilan yang disajikan adalah pembacaan puisi yang dikolaborasikan dengan musik. Tema “Kertas dan Pena“ dimaksudkan untuk dapat memberikan pemahaman dasar pada para pemula dalam mencipta sebuah karya sastra. Setelah pertunjukan, akan dilanjutkan dengan forum diskusi bersama salah satu penyair dan pembaca puisi senior dari Kudus, tema bahasan yang diangkat berkaitan dengan judul tema bulan ini, yaitu tentang karya sastra serta membangun motivasi pada kalangan remaja untuk berkarya.

Adapun keempat penampil malam itu membacakan puisi karya mereka masing masing dan juga karya sastrawan kudus Asa Jatmiko. Dalam panggung Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus,  sesi akhir pertunjukan turut berperan secara spontanitas sebagai pemacu semangat para penikmat sastra dan masyarakat yang datang malam itu, Asa Jatmiko berkolaborasi degan instrument live biola berhasil membius penonton, seperti penampil sebelumnya selain tepuk tangan, penonton juga khidmat dalam sesi Apresiasi Sastra yang di adakan FASBuK, mereka terbius dengan cara pembacaan yang bervariatif dari para penampil.

Setelah pementasan usai, diskusi yang di narasumberi Asa Jatmiko cukup seru berlangsung hingga hampir pukul 23.00 Wib , para mahasiswa dan masyarakat yang hadir mencoba bertanya jawab atas rasa penasarannya terhadap sastra, selain itu hadir pula sastrawan / penulis kawakan kudus seperti MM. Bhoernomo dan Yudhi MS mereka selalu memberikan motivasi bagi anak muda yang hadir dalam Apresiasi Sastra yang diadakan FASBuK.


Kudus, 23 Maret 2016



Tentang Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK)

FASBuK adalah ruang kerja fisik dan pemikiran secara continue untuk mencipta inovasi serta varian-varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal yang nantinya mampu menjadi asset atas keberagaman kebudayaan nasional dan dekat masyarakatnya sehingga tercapai ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi sebuah cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.

Secara rutin tiap bulannya FASBuK menggelar acara Sastra dan Seni Budaya yang meliputi Apresiasi sastra, Sarasehan Budaya, Pertunjukan Musik, Tari dan Pementasan Drama/Teater, dan sebagainya. Acara tersebut di gelar di berbagai tempat kantong-kantong Budaya di Kudus.
.

0 Response to "Apresiasi Sastra Tentang "Kertas dan Pena“ dari FASBuK"

Poskan Komentar